Selasa, 05 November 2013

Do'a sayyidatuna Fatimah

Sayyidah Fatimah Az-Zahra’ (sa) adalah puteri tercinta Nabi SAW. Dialah Qurrata ‘aynir Rasûl (penyejuk hati Rasul), Hawrâ’ insiyyah (bidadari dalam wujud manusia).Ketika ia diuji oleh Tuhannya dengan musibat dan derita, ia merintih di hadapan Kekasihnya Allah SWT. Deritanya sebagaimanha terungkap dalam syairnya:“Sekiranya musibat itu menimpa pada siang, siang akan berubah menjadi malam yang gulita.” Dimanakah ia mengadukan segala deritanya? Dimanakah ia mendapatkan kedamaian di tengah prahara di zamannya? Dimanakah ia melabuhkan hatinya yang hancur?”Siti Aisyah istri Nabi SAW pernah bercerita: “Tidak ada orang yang paling mirip Rasulullah SAW dalam cara bicaranya, berjalan dan duduknya seperti Fatimah. Bila Fatimah datang, Rasulullah SAW menyambutnya dengan berdiri. Ia memegang tangan Fatimah dan menciumnya. Lalu didudukkannya di tempat duduknya.” (Shahih at-Turmidzi 2: 315; Mustadrak Shahihhain 3: 154)Dari ayahnya ia belajar bahwa ia hanya menemukan ketenteraman dalam ibadah, dalam zikir dan doa. Berikut ini di antara doa yang diajarkan ayahnya kepadanya:DOA PAGI DAN SOREبسم الله الرحمن الرحيماللهم صل على محمد وآل محمديَاحَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ اَسْتَغِيْثُ، اَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلاَ تَكِلْنِي اِلَى نَفْسِييَاحَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ اَسْتَغِيْثُ، فَلاَ تَكِلْنِي اِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَاَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، بِرَحمْتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِينَBismillâhir Rahmânir RahîmAllâhumma shalli `ala Muhammadin wa âli MuhammadYâ Hayyu yâ Qayyûm bi-rahmatika astaghîtsu, ashlihlî sya’nî kullah, wa lâ takilnî ilâ nafsî.Yâ Hayyu yâ Qayyûm bi-rahmatika astaghîtsu, falâ takilnî ilâ nafsî tharfata ‘aynin, wa ashlihlî sya’nî kullahu, birahmatika yâ Arhamar rahimîn.Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha PenyayangSampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganyaWahai Yang Hidup dan Kekal, aku memohon pertolongan dengan rahmat-Mu. Perbaiki semua urusanku, dan jangan Kaubiarkan diriku menguasaiku.Wahai Yang Hidup dan Kekal, aku memohon pertolongan dengan rahmat-Mu. Jangan Kauserahkan aku pada diriku sekejap matapun, dan perbaiki semua urusanku, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.Rasulullah SAW kepada puterinya SayyidahFatimah Az-Zahra’ (sa) untuk mencapai keperluan dunia dan akhirat:سم الله الرحمن الرحيماللهم صل على محمد وآل محمداَللَّهُمَّ قَنِّعْنِي بِمَا رَزَقْتَنِي وَاسْتُرْنِي وَعَافِنِي اَبَدًا مَااَبْقَيْتَنِي، وَاغْفِرْلِي وَارْحَمْنِي اِذَا تَوَفَّيْتَنِي. اَللَّهُمَّ لاَ تُعْيِنِي فِي طَلَبِ مَالَمْ تُقَدِّرْلِي وَمَا قَدَّرْتَهُ فَاجْعَلْهُ مُيَسِّرًا سَهْلاً. اَللَّهُمَّ كَافِ عَنِّي وَالِدَيَّ وَكُلَّ مَنْ لَهُ نِعْمَةٌ عَلَيَّ خَيْرَ مُكَافَاةٍ. اَللَّهُمَّ فَرِّغْنِي لِمَا خَلَقْتَنِي لَهُ، وَلاَ تَسْغَلْنِي بِمَا تَكَفَّلْتَ لِي بِهِ، وَلاَ تُعَذِّبْنِي وَاَنَا اَسْتَغْفِرُكَ، وَلاَ تَحْرِمْنِي وَاَنَا اَسْأَلُكَ. اَللَّهُمَّ ذَلِّلْ نَفْسِي وَعَظِّمْ شَأْنَكَ فِي نَفْسِي، وَاَلْهِمْنِي طَاعَتَكَ وَاْلعَمَلَ بِمَا يُرْضِيكَ وَالتَّجَنُّبَ لِمَا يُسْخِطُكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِينَAllâhumma qanni’nî bimâ razaqtanî wasturnî wa ‘âfinî abadan mâ abqaytanî, waghfirlî warhamnî idzâ tawaffaytanî.Ya Allah, cukupkan aku dengan rejeki yang telah Kauberikan kepadaku. Jagalah aku dan sejahterakan aku selalu selama Kauhidupkan aku. Ampunilah aku, sayangilah aku ketika Engkau matikan aku.Allâhumma lâ tu’yinî fi thalabi mâlam tuqaddirlî wa mâ qaddartahu faj’alhu muyassiran sahlâ.Ya Allah, jangan Kaususahkan aku untuk mencari apa yang tidak Kautakdirkan bagiku, dan untuk apa yang Kautakdirkan bagiku lancarkan dan mudahkan ia.Allâhumma kâfi ‘annî wâlidayya wa kulla man lahu ni’matun ‘alayya khayra mukâfâtin.Ya Allah, penuhilah sebaik-baiknya kebutuhan kedua orang tuaku dan semua yang melalui mereka Kauanugerahkan kepadaku kenikmatan.Allâhumma farrighnî lima khalaqtanî lahu, wa lâ tasghalnî bimâ takaffaltalî bihi, wa lâ tu’adzdzibnî wa ana astaghfiruka, wa lâ tahrimî wa ana as-aluka.Ya Allah, ringankan aku untuk melakukan apa-apa yang telah Kauciptakan aku atasnya. Janganlah Kausibukkan aku sebagai beban terhadap apa yang Kauwajibkan padaku. Janganlah Engkau mengazab aku padahal aku memohon ampunan-Mu. Janganlah Engkau mengabaikan aku padahal aku bermohon kepada-Mu.Allâhumma dzallil nafsî wa ‘azhzhim sya’naka fî nafsî, wa alhimnî thâ’ataka wal-‘amala bimâ yurdhîka wat-tajannuba lima yuskhithuka, yâ Arhamar râhimîn.Ya Allah, rendahkan diriku dan besarkan Dikau di dalam hatiku. Ilhamkan kepadaku ketaatan kepada-Mu, amal yang membuat-Mu ridha dan menjauhi apa-apa yang membuat-Mu murka. Wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.Ya Allah, cukupkan aku dengan rejeki yang telah Kauberikan kepadaku. Jagalah aku dan sejahterakan aku selalu selama Kauhidupkan aku. Ampunilah aku, sayangilah aku ketika Engkau matikan aku.Ya Allah, jangan Kaususahkan aku untuk mencari apa yang tidak Kautakdirkan bagiku,dan untuk apa yang Kautakdirkan bagiku lancarkan dan mudahkan ia.Ya Allah, penuhilah sebaik-baiknya kebutuhan kedua orang tuaku dan semua yang melalui mereka Kauanugerahkan kepadaku kenikmatan.Ya Allah, ringankan aku untuk melakukan apa-apa yang telah Kauciptakan aku atasnya. Janganlah Kausibukkan aku sebagai beban terhadap apa yang Kauwajibkan padaku. Janganlah Engkau mengazab aku padahal aku memohon ampunan-Mu. Janganlah Engkau mengabaikan aku padahal aku bermohon kepada-Mu.Ya Allah, rendahkan diriku dan besarkan Dikau di dalam hatiku. Ilhamkan kepadaku ketaatan kepada-Mu, amal yang membuat-Mu ridha dan menjauhi apa-apa yang membuat-Mu murka. Wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar