Selasa, 26 November 2013

Doa Penyembuh Sakit Lumpuh


Imam Hujjatul Islam Abu Hamid Muhammad al-
Ghazaliy (lahir 450 H wafat 505 H) dalam kitab
Khawashul Qur’an halaman 81-82 menyebutkan
terapi untuk menyembuhkan penyakit lumpuh.
Beliau meriwayatkan dari Imam Ibnu Qutaibah ia
berkata: “Aku pernah melakukan ibadah haji
ketemu rombongan yang salah seseorang diantara
mereka ada lelaki mengalami lumpuh. Beberapa
hari kemudian, betapa terkejutnya diriku melihat
orang yang pernah aku temui dalam keadaan
lumpuh, hari ini orang itu dalam keadaan sehat
afiat sudah tidak lumpuh lagi. Karena penasaran
aku bertanya kepadanya: Ya fulan, semoga Allah
selalu memberikan kasih sayang-Nya kepadamu,
ada gerangan apa sehingga dirimu bisa sembuh
dari lumpuh? Lelaki itu menjawab:” pada satu
waktu aku pernah berada di dekat sumur zamzam,
aku ambil air zamzam di bejana kemudian aku
tulis ayat al-Qur’an surat al-Hasyr ayat: 22-24:
ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻟَﺎ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻟَّﺎ ﻫُﻮَ ﻋَﺎﻟِﻢُ ﺍﻟْﻐَﻴْﺐِ ﻭَﺍﻟﺸَّﻬَﺎﺩَﺓِ ﻫُﻮَ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦُ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴﻢُ
) 22 ( ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻟَﺎ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻟَّﺎ ﻫُﻮَ ﺍﻟْﻤَﻠِﻚُ ﺍﻟْﻘُﺪُّﻭﺱُ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻦُ ﺍﻟْﻤُﻬَﻴْﻤِﻦُ
ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰُ ﺍﻟْﺠَﺒَّﺎﺭُ ﺍﻟْﻤُﺘَﻜَﺒِّﺮُ ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻋَﻤَّﺎ ﻳُﺸْﺮِﻛُﻮﻥَ )23 ( ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟْﺨَﺎﻟِﻖُ
ﺍﻟْﺒَﺎﺭِﺉُ ﺍﻟْﻤُﺼَﻮِّﺭُ ﻟَﻪُ ﺍﻟْﺄَﺳْﻤَﺎﺀُ ﺍﻟْﺤُﺴْﻨَﻰ ﻳُﺴَﺒِّﺢُ ﻟَﻪُ ﻣَﺎ ﻓِﻲ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﻭَﺍﺕِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ
ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰُ ﺍﻟْﺤَﻜِﻴﻢُ ) 24 )
Dialah Allah, yang tidak ada Tuhan melainkan Dia;
Yang Mengetahui perkara yang ghaib dan yang
nyata; Dialah Yang Maha Pemurah, lagi Maha
Mengasihani. (22) Dialah Allah, yang tidak ada
Tuhan melainkan Dia; Yang Menguasai (sekalian
alam); Yang Maha Suci; Yang Maha Selamat
Sejahtera (dari segala kekurangan); Yang Maha
Melimpahkan Keamanan; Yang Maha Pengawal
serta Pengawas; Yang Maha Kuasa; Yang Maha
Kuat (menundukkan segala-galanya); Yang
Melengkapi segala KebesaranNya. Maha Suci
Allah dari segala yang mereka sekutukan
denganNya. (23) Dialah Allah, Yang Menciptakan
sekalian makhluk; Yang Mengadakan (dari tiada
kepada ada); Yang Membentuk rupa (makhluk-
makhlukNya menurut yang dikehendakiNya);
bagiNyalah nama-nama yang sebaik-baiknya dan
semulia-mulianya; bertasbih kepadaNya segala
yang ada di langit dan di bumi dan Dialah Yang
tiada bandingNya, lagi Maha Bijaksana. (24)
Aku tambahkan pula dengan surat al-Isra ayat: 82
ﻭَﻧُﻨَﺰِّﻝُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁَﻥِ ﻣَﺎ ﻫُﻮَ ﺷِﻔَﺎﺀٌ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔٌ ﻟِﻠْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ
Dan Kami (Allah) menurunkan di antara al-Quran
itu ada satu ayat yang menyembuhkan dan rahmat
bagi orang yang beriman.
Kemudian aku berdoa: Ya Allah, Ya Tuhanku
sesugguhnya Nabi-Mu Nabi Muhammad telah
bersabda tentang keistimewaan air zamzam (Air
zamzam bila diniatkan sesuatu akan
mendatangkan ijabah). Dan al-Qur’an adalah
firman-Mu. Sembuhkan penyakitku dengan afiat
yang Kau berikan. Lalu aku celup kertas yang aku
tuliskan ayat-ayat tersebut dan aku minum air itu.
Tidak berapa lama maka keluar keringat dari
tangan dan kakiku hingga tanpa aku sadari tangan
dan kaki terasa ringan untuk bergerak dan
hilanglah lumpuh yang aku alami.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar