Senin, 25 Januari 2016

ABAH GURU SEKUMPUL MENURUT PANDANGAN PARA AULIA’’

Al Habib Muhammad Bin Husein Ba'bud (lawang malang) berkata"Siapa yang hendak melihat Rasulullah Saw,maka pandanglah Guru Zaini"
Al Habib Ahmad AlHabsyi (banjarmasin) berkata "bila ingin melihat sunnahnya Rasulullah SAW dengan jelas maka lihatlah perilaku Abah Guru Sekumpul kerena setiap sunnah Rasulullah yang beliau ketahui selalu dikerjakannya.
Al Habib Ahmad Baraqbah (bangil) sewaktu bertemu dengan Abah Guru berkata "ente min Aulia Allah hingga ucapan berulang-ulang 3 kali.
Al Habib Ahmad bin Muhammad Assegaf (semarang) seorang wali majzub saat bersalaman pada Waktu Abah Guru Sekumpul waktu muda ,beliau berseru kepada ulama yang ada "Cium tangan Zaini," "ini qhutub cilik" ini qhutub cilik".
Tuan Guru Zainal Ilmi(dalam pagar-Martapura)berkata kepada nenek abah guru Sekumpul yaitu Salbiyah pada waktu abah Guru masih kecil "Pelihara puun.(pelihara yang baik) dengan ber ulang-ulang drumah ada seorang wali besar ..
K.H. Hamid (pasuruan) sewaktu menyambut kedangan Abah Guru Sekumpul yang showan kepada K.H Hamid berkata "Gebernur kalimantan-Gebernur kalimantan" dengan berteriak kegirangan artinya waliyullah dari kalimantan.
Abah Anom sang waliyullah berkata sewaktu pesuruh Abah Anom datang kerumah Abah Guru kata Abah Guru Sekumpul "Abah Anom adalah lautan ilmu tariqat"lalu diceritakan oleh pesuruh Abah Anom perkataan Abah Guru Sekumpul kepada abah Anom dan Abah anom berkata "Guru Zaini Adalah lautan ilmu".
Al Habib Ahmad bin Abu Bakar AlHabsyi (basirih-banjarmasin) seorang wali majzub berkata " ente Waliyullah ente Waliyullah ente Waliyullah "sambil mengguncang2 pundak Guru Sekumpul yang disaksikan oleh Guru Asmuni (guru Danau dan H.Khurdi.
KH.Syarwani Abdan Albanjari (Bangil)salah satu Gurunya Abah Guru Sekumpul berkata Zaini ini sekarang pada berada dalam tingkatan kewalian sebagaimana yang disebutkan dalam kitab tasawuf.
Al Habib Ahmad Assegaf (Hadralmaut)pernah berkata"sir dan madad Tarim berpindah ke Sekumpul".
Di Tarim sana, Hadramaut, kota para Habaib dan banyak melahirkan para Quthub, ada seorang Habib Sepuh yang bernama Habib Ahmad Assegaf r.a yang mengarang qasidah "Baina katipaihi 'alaamah", sehingga di Martapura Beliau terkenal dengan sebutan Habib Baina Katipai. Beliau ini seumuran dengan Habib Abdul Qadir Bin Ahmad Jeddah r.a (kalau saya tidak khilaf). Beliau ini mempunyai kelebihan, malam-malam Beliau terbiasa bermimpi dengan Baginda Rasulullah Saw.
Habib-Habib zaman dulu walau sering bermimpi dengan Baginda Rasulullah Saw, masih sakit hati kalau belum bertemu secara jaga/yaqozhotan dengan baginda Saw. (Semoga kita mendapat mimpi bertemu Rasulullah Saw)
Akhirnya Beliau mendapat isyarat dari Rasulullah Saw dalam mimpi, "Ahmad, kalau kamu ingin bertemu Saya (Saw), maka temuilah Zaini orang Martapura, Banjarmasin".
Maka bergegaslah Beliau menuju Indonesia, sesampainya di Jakarta, Beliau dihalang-halangi oleh orang yang dengki dengan Guru Sekumpul r.a, namun Beliau mampu menerobosnya, karena ingat dengan isyarat dari Baginda Rosulullah Saw.
Akhirnya bertemulah Beliau dengan Guru kita Sekumpul r.a. Beliau utarakanlah maksud kedatangan Beliau, kemudian oleh Guru Sekumpul r.a diberi amaliah-amaliah yang kemudian Beliau amalkan. Tidak berapa lama setelah itu, Rosulullah Saw menemui Beliau di pagi hari.
Segera setelah pertemuan yaqozhotan itu, Beliau melapor kepada Guru Sekumpul r.a. Oleh Guru Sekumpul r.a dijawab "sebelum ketempat Sampean, Rasulullah Saw menemui saya terlebih dahulu". Langsung seketika Habib Ahmad memeluk Guru Sekumpul r.a.
Ya, Guru Sekumpul itu adalah Syeikh Futuhnya atau Guru Murobbi Mursyidnya Habib Ahmad Assegaf.
Habib Ahmad Assegaf r.a ini pernah berucap : "Sir dan madad Tarim berpindah ke Sekumpul".
Syukur yang tak terhingga ya Allah engkau memberikan nikmat hidup yang sejaman dengan salah satu wali mu yang kami pun banyak mengambil manfaat darinya.
jangan putus nikmat ini ya Rab sehingga kami bisa berkumpul kembali dengan Walimu yaitu Guru Sekumpul dan salah seorang kecintaanmu dan kekasihmu Rasulillah Muhammad Rasulullah saw.
Murabbi ruhina wa mursyidina bahr ilm wa fahm quthubul fardani wa alim shamadani Syeikh Muhammad Zaini Abdul Ghani di surgamu kelak. Ya arhamar rahimin ..Ya Mujibas sa'ilin... Amiin

Sumber
http://rindurasul2.blogspot.com/2012/09/tersingkapnya-kewalian-abah-guru.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar