Sabtu, 02 Januari 2016

Sayyid Hamid bin Alawi Al-Kaff Al-Makky Al-Banjary

Beliau bernama lengkap Sayyid Hamid bin Alawi bin Salim bin Abi Bakar Al-Kaff Al-Husaini Al-Makki dan kunyahnya Abu Alawi. Beliau dilahirkan di desa Kalyan di kota Banjarmasin provinsi Kalimantan Selatan pada hari Ahad 25 Sya’ban 1345 H.

RIWAYAT PENDIDIKAN

Beliau dibesarkan dengan keutamaan dan keilmuan dibawah asuhan ayahandanya sedangkan ibunya telah meninggal pada saat ia masih kecil. Bersamanya beliau belajar ilmu-ilmu dasar. Setelah itu beliau meneruskan jenjang pendidikannya di salah satu sekolah negeri hingga lulus. Kemudian beliau meneruskan pendidikannya di madrasah Al-Khayriyah Surabaya pada tahun 1360 H selama 7 tahun. Disana beliau menimba ilmunya dari guru-guru besar, diantaranya Syaikh Umar Baraja dan Sayyid Salim Aqil. Selepas itu beliau kembali ke Banjarmasin dan mengurus pondok Darussalam di kota Martapura. Di sana beliau bukan hanya sekedar mengurus, namun juga berguru kepada guru-guru besar diantaranya adalah Syaikh Muhammad Sya’roni bin ‘Arif, Syaikh Husain Qodri dan Syaikh Abdul Qodir Hasan.

Pada tahun 1367 H beliau pergi ke Makkah Al-Mukarromah untuk haji dan menambah keilmuan dari ulama’ masjidil haram selama 4 tahun. Lalu beliau melanjutkan pendidikannya di sekolah Darul Ulum Ad-Diniyyah pada tahun 1371 H dan lulus pada tahun 1374 H. Di madrasah tersebut beliau mempelajari ilmu fiqih, ushulul fiqih, hadits, ulumul hadits, nahwu beserta kaidah-kaidahnya, ilmu falak, ilmu alat dan sebagainya sehingga selanjutnya beliau menjadi salah satu ulama’ besar di Masjidil Haram.

GURU-GURU BELIAU DIANTARANYA

Ayahandanya, Sayyid Alwi bin Salim Al-Kaff
Syaikh Umar Baraja
Syaikh Salim bin Aqil
Syaikh Muhammad Sya’roni bin Arif Al-Banjari
Syaikh Husain Qodri
Syaikh Abdul Qodir Hasan
Asy-Syarif Muhammad Al-Musthofa bin Abdul Qodir As-Syinqiti
Syaikh Muhammad Uhaid Al-Buguri
Syaikh Hasan bin Said Yamani
Syaikh Hasan bin Muhammad Al-Massyath
Syaikh Muhammad Al-Arobi At-Tabani Al-Jazairi
Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki Al-Hasani
Sayyid Muhammad Amin Qutubi Al-Hasani
Syaikh Muhammad Nur Saif bin Hilal
Syaikh Muhammad Yasin Al-Fadani
Syaikh Abdul Qodir bin Abdul Mutthallib Mandili
Syaikh Ibrohim bin Dawud Fathoni
Syaikh Abdul Karim bin Muhammad Amin Al-Banjari
Sayyid Abdullah As-Siddiq Al-Ghomari
Sayyid Abdul Aziz As-Siddiq Al-Ghomari
Syaikh Al-Muqri’ Abdul Aziz Uyunussud
Syaikh Hamid Harsani
Syaikh Abdurrahim Idris Kalintan
Dan masih banyak lagi yang belum disebutkan, semoga Allah Ta’ala merahmati mereka semua.

RIWAYAT MENGAJAR

Semangat cinta ilmu dan khidmat beliau terbukti dengan syiar dan dakwahnya di kota makkah dan beliau termasuk salah satu ulama indonesia yang menjadi tokoh panutan dan turut mengajar di Masjidil Haram di pintu Al-Muhakkamah (1374 H-1399 H), selain tetap giat menebarkan ilmu dirumahnya yang terletak di Syamiah, Jarwal, Nawriah, dan Khalidah no.1, Makkah Mukarramah.

WAFATNYA PERMATA INDAH INDONESIA DI MAKKAH

Senin, 23 Nopember 2015, para pencinta ilmu di berbagai negara khususnya di Indonesia, menangis duka atas wafatnya salah satu ulama indonesia yang mendunia dengan keilmuannya ini. Bintang putra yang menjadi permata kebanggan indonesia ini menghembuskan nafas terakhirnya di Mekkah dan dikebumikan di perkuburan Ma’la, yang sebelumnya di sholatkan di Masjidil Haram.

Lahu Al-Faatihah

Sumber : Habib Quraisy Baharun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar