TENTANG TRADISI HAUL ULAMA DAN AULIYA
A. Pengertian
Secara bahasa haul adalah setaun secara istilah
adalah peringatan satu tahun meninggalnya
seseorang. Dalam acara haul biasanya terdapat
beberapa kegiatan diantaranya: ziarah, dzikir,
tahlil, halaqah, manaqib, tausyrah, bakti social,
dan lain sebagainya
B. Dalil-dalil haul
Ada banyak dalil syar’I tentang haul diantaranya
dalam kitab Al-kawakib ad-Durriyah, juzI, hlm 32
diterangkan:
ﻗَﺎﻝَ ﺍْﻟﻮَﺍﻗِﺪِ ﻭَﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳَﺰُﻭْﺭُ ﻗَﺘْﻞَ ﺃُﺣُﺪٍ ﻓِﻰْ ﻛُﻞِّ
ﺣَﻮْﻝٍ ﻭَﺍِﺫَﺍ ﻟَﻘَﺎﻫُﻢْ ﺑِﺎﻟﺸَﻌْﺐِ ﺭَﻓَﻊَ ﺻَﻮْﺗَﻪُ ﻳَﻘُﻮْﻝُ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﻤَﺎ ﺻَﺒَﺮْﺗُﻢْ ﻓَﻨِﻌْﻢَ
ﻋُﻘْﺒَﻰ ﺍﻟﺪَّﺍﺭِ ﻭَﻛَﺎﻥَ ﺍَﺑُﻮْ ﺑَﻜْﺮٍ ﻳَﻔْﻌَﻞُ ﻣِﺜْﻞَ ﺫَﺍﻟِﻚَ ﻭَﻛَﺬَﺍﻟِﻚَ ﻋُﻤَﺮُ ﺑْﻦُ ﺍْﻟﺨَﻄَّﺎﺏِ ﺛُﻢَّ
ﻋُﺜْﻤَﺎﻥَ. ﻭَﻓِﻰ ﻧَﻬْﺞِ ﺍْﻟﺒَﻠَﺎﻏَﺔِ – ﺍِﻟَﻰ ﺍَﻥْ ﻗَﺎﻝَ- ﻭَﻓِﻰ ﻣَﻨَﺎﻗِﺐِ ﺳَﻴِّﺪِ ﺍﻟﺸُّﻬَﺪَﺍﺀِ ﺣَﻤْﺰَﺓَ
ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻟِﻠﺴَّﻴِّﺪِ ﺟَﻌْﻔَﺮِ ﺍْﻟﺒَﺮْﺯَﻧْﺠِْﻲ ﻗَﺎﻝِ: ﻭَﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﻭَﺍﻟَّﺴﻠَﺎﻡُ
ﻳَﺄْﺗِﻲ ﻗُﺒُﻮْﺭَ ﺍﻟﺸُّﻬَﺪَﺍﺀِ ﺑِﺄُﺣُﺪٍ ﻋَﻠَﻰ ﺭَﺃْﺱِ ﻛُﻞِّ ﺣَﻮْﻝٍ- ﺍﻟﺦ .
Al-waqidi berkata: Rosul mengunjungi makam
para pahlawan Uhud setiap tahun. Jika telah
sampai di Syi’ib ( tempat makam mereka ), Rosul
agar keras berucap : Assalamu ‘alaikkum bima
sahabartum faniqma ‘uqba ad-dar (semoga kalian
selalu beroleh kesejahteraan atas kesabaran yang
telah kalian lakukan. Sungguh, akhirat tempat
yang paling nikmat . Abu Bakar, Umar, Utsman
juga melakukan hal yang serupa. Sampai kata-
kata…Dalam Manaqib sayyid as-Syuhada
Hamzah bin abi Tholib yang ditulis Sayyid Ja’far
al-Barzanjy, dia berkata : Rosululoh mengunjungi
makam Syuhada Uhud setiap awal tahun..
Dalil kedua , al-fatawa al-Kubra, juz II hlm, 18 :
Ahkam al-fukaha, juz III, hlm. 41-42 :
ﺫِﻛْﺮَ ﻳَﻮْﻡِ ﺍْﻟﻮَﻓَﺎﺓِ ﻟِﺒَﻌْﺾِ ﺍْﻻَﻭْﻟِﻴَﺎﺀِ ﻭَﺍﻟْﻌُﻠَﻤَﺎﺀِ ﻣِﻤَّﺎ ﻟَﺎ ﻳَﻨْﻬَﺎﻩُ ﺍﻟﺸَّﺮِﻳْﻌَﺔُ ﺍﻟْﻐُﺮَّﺍﺀُ،
ﺣَﻴْﺚُ ﺍَﻧَّﻬَﺎ ﺗَﺸْﺘَﻢُِ ﻏَﺎﻟِﺒًﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺛَﻠَﺎﺛَﺔِ ﺃُﻣُﻮْﺭٍ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺯِﻳَﺎﺭَﺓُ ﺍْﻟﻘُﺒُﻮْﺭِ، ﻭَﺗَﺼَﺪُّﻕُ
ﺑِﺎْﻟﻤَﺄْﻛُﻮْﻝِ ﻭَﺍْﻟﻤَﺸَﺎﺭِﺏِ ﻭَﻛِﻠَﺎﻫُﻤَﺎ ﻏَﻴْﺮُ ﻣَﻨْﻬِﻲٍّ ﻋَﻨْﻪُ، ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﻗِﺮَﺍَﺓُ ﺍْﻟﻘُﺮْﺁﻥِ ﻭَﺍْﻟﻮَﻋْﺪِ
ﺍﻟﺪِّﻳْﻨِﻲ ﻭَﻗَﺪْ ﻳُﺬْﻛَﺮُ ﻓِﻴْﻪِ ﻣَﻨَﺎﻗِﺐُ ﺍْﻟﻤُﺘَﻮَﻓَّﻰ ﻭَﺫَﺍﻟِﻚَ ﻣَﺴْﺘَﺤْﺴَﻦٌ ﻟِﻠْﺤَﺚِّ ﻏَﻠَﻰ ﺳُﻠُﻮْﻙِ
ﺍﻟﻄَّﺮِﻳْﻘَﺘِﻪِ ﺍْﻟﻤَﺤْﻤُﻮْﺩَﺓِ ﻛَﻤَﺎ ﻓِﻰ ﺍﻟْﺠُﺰْﺀِ ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻰ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻔَﺘَﻮِﻯ ﺍْﻟﻜُﺒْﺮَﻯ ﻟِﺎِﺑْﻦِ ﺣَﺠَﺮٍ
ﻭَﻧَﺺَّ ﻋِﺒَﺎَﺭﺗُﻪُ: ﻋِﺒَﺎﺭَﺓُ ﺷَﺮْﺣَﻲِ ﺍْﻟﻌُﺒَﺎﺏِ: ﻭَﻳَﺤْﺮُﻡُ ﺍﻟﻨَّﺪْﺏُ ﻣَﻊَ ﺍْﻟﺒُﻜَﺎﺀِ ﻛَﻤَﺎ ﺣَﻜَﺎﻩُ ﻓِﻰ
ﺍْﻻَﺫْﻛَﺎﺭِ ﻭَﺟَﺰَﻡَ ﺑِﻪِ ﻓِﻰ ﺍْﻟﻤَﺠْﻤُﻮْﻉِ ﻭَﺻَﻮَّﺑَﻪُ ﺍْﻻَﺳْﻨَﻮِﻱ- ﺍِﻟَﻰ ﺍَﻥْ ﻗَﺎﻝَ-ﺍِﻟَّﺎ ﺫِﻛْﺮُ
ﻣَﻨَﺎﻛِﺐِ ﻋَﺎﻟِﻢٍ ﻭَﺭَﻉٍ ﺍَﻭْ ﺻَﺎﻟِﺢٍ ﻟِﻠْﺤَﺚِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳُﻠُﻮْﻙِ ﻃَﺮِﻳْﻘَﺘِﻪِ ﻭَﺣُﺴْﻦُ ﺍﻟﻈَّﻦِّ ﺑِﻪِ ﺑَﻞْ
ﻫِﻲَ ﺣِﻴْﻨَﺌِﺬٍ ﺑِﺎﻟﻄَّﺎﻋَﺔِ ﺃَﺷْﺒَﻪُ ﻟِﻤَﺎ ﻳَﻨْﺸَﺄُ ﻋَﻨْﻬَﺎ ﻣِﻦَ ﺍْﻟﺒِﺮِّ ﻭَﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ ﻭَﻣِﻦْ ﺛَﻢَّ ﻣَﺎﺯَﺍﻝَ
ﻛَﺜِﻴْﺮً ﻣِﻦَ ﺍﻟﺼَّﺤَﺎﺑَﺔِ ﻭَﻏَﻴْﺮِﻫِﻢْ ﻣِﻦَ ﺍْﻟﻌُﻠَﻤَﺎﺀِ ﻳَﻔْﻌَﻠُﻮْﻧَﻬَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻤَﺮِّ ﺍْﻻِﻋْﺼَﺎﺭِ ﻣِﻦْ
ﻏَﻴْﺮِ ﺍِﻧْﻜَﺎﺭٍ .
Memperingati hari wafat para wali dan para
ulama termasuk amal yang tidak dilarang agama.
Ini tiada lain karena peringatan itu biasanya
mengandung sedikitnya 3 hal : ziarah kubur,
sedekah makanan dan minuman dan keduanya
tidak dilarang agama. Sedang unsur ketiga
adalah karena ada acara baca al’qur’an dan
nasehat keagamaan. Kadang dituturkan juga
manaqib ( biografi ) orang yang telah meninggal.
Cara ini baik baik untuk mendorong orang lain
untuk mengikuti jalan terpuji yang telah dilakukan
si mayit, sebagaimana telah disebutkan dalam
qitab fatawa al-Kubara,juz II, Ibnu Hajar, yang
teksnya adalah ungkapan terperinci dari al-Ubab
adalah haram meratapi mayit sambil menangis
seperti diceritakan dalam kitab al-Azkar dan
dipedomani dalam al-Majmu’, al-Asnawi
membenarkan cerita ini. Sampai pernyatan …
kecuali menuturkan biografi orfang alim yang
Wira’i dan sleh guna mendorong orang mengikuti
jalannya dan berbaik sangka dengannya. Juga
agar orang bisa lagsung berbuat taat, melakukan
kebaikan seperti jalan yang telah dilalui
almarhum. Inilah sebabnya sebian sahabat dan
ulama selalu melakukan hal ini sekian kurun
waktu tanpa ada yang mengingkarinya.
Dari dalil-diatas dapat disimpulkan bahwa
peringatan haul itu dapat dibenarkan secara
syara’
Tidak ada komentar:
Posting Komentar