Kamis, 19 Mei 2016

Sufi

SHAYKH NAZIM
TENTANG SUFISME
BBC SHEFFIELD, 1 JANUARI 1996

TANYA: Apakah Sufisme itu?
MAWLANA: Allah mengirimkan Perintah2 Suci NYA melalui Utusan2 Suci NYA. Semua utusan itu menunjukkan bagaimana caranya untuk bisa mencapai Surga. Sufisme merupakan jalan dimana orang2 bisa melatih dan menjalankan ibadahnya agar bisa dengan lebih mudah mencapai Setasiun Surga. Kita tidak akan hidup di Bumi se-lama2nya, kita semua harus kembali kepada NYA. Itulah alasannya mengepa semua Kitab Suci menunjukkan jalan ke Surga. Mistikisme Islam dinamakan sebagai SUFISME.
Umat KRISTIANI terutama berurusan dengan Kehidupan SURGA. Tidak bannyak ajaran dan aturan mengenai hidup didunia. Itulah sebabnya mengapa Jesus Kristus meninggalkan dunia ini ke Hadirat Yang Maha Suci, dimana beliau menunggu-nunggu siapa diantara para pengikutnya yang akan bergabung dengan beliau.
Tetapi kebanyakan umat Kristiani jiwanya begitu dipenuhi dengan kehidupan yang duniawi, yang mereka sulit tinggalkan. Jiwa kita ibarat suatu roket. Apakah kita suka atau tidak suka, jiwa kita akan membawa kita kembali ke Surga.

TANYA: Apa pandangan Mawlana mengenai keadaan dunia sekarang ini ketika anda melihat banyaknya perang dan kejahatan di-mama2.

Mawlana: Ketika orang memutuskan hubungannya dengan Surga, mereka akan selalu bertengkar, bermusuhan dan mengalami kesusahan. Karena kalau kamu biarkan orang2 sesuka masing2, mereka akan menginginkan segala yang ada diduniya hanya untuk mereka sendiri. Namun kita hanya punya 1 dunia saja, dimana semua orang menginginkan memiliki hal yang sama. Jadi mereka harus bertengkar. Kalau saya misalnya sedang berdiri disini didampingi 100 orang, atau lebih, dan saya tunjuk kebulan dan saya katakan bulan itu milik saya, tidak akan ada yang mempertengkarkan. Disisi lain, kalau saya bilang poho dengan buah nya yang lebat itu punya saya, akan ada 100 orang yang menentangnya dan berkata bahwa pohon itu sudah menjadi milik keluarganya sejak ber-abad yang lalu. Dan diatas mereka, Kabupaten Sheffield barangkali juga akan mengaku memilikinya.

PERTANYAAN YANG LAIN: Apakah pria dan wanita setara didalam Islam?

MAWLANA: Apakah kalian pikir bahwa laki2 dan perempuan berkumpul bersama dalam ajaran Kristiani?. Semua agama memisahkan wanita dan pria, karena kalau bercampur mereka akan seperti bahan peledak dercampur dengan api. Banyak orang tidak mengalaminya seperti contoh tersebut. Karena mereka sudah kehilangan enerji kemachoan (masculine) dan kewanitaannya (feminine). Wanita Kristiani pada awalnya berkumpul di Convent dan prianya berada di Monastery (Biara). Itu adalah Kristiani yang asli. Dan sekarang ini laki2 dan perempuan duduk campur di Gereja2 tanpa ada turunnya Perintah Surga yang memerintahkan mereka untuk mempraktekkannya. Didalam Islam, para wanita harus melalkukan shalat dibelakang para laki2. Karena laki2 itu bukanlah malaikat. Kalau pria sifatnya seperti malaikat, maka para wanita bisa menjadi imam shalat di Masjid, tetapi hal ini tidak diizinkan. Di Parlemen, kadang2 ada wanita cantik yang menjadi anggota. Dan ketika wanita cantik ini mengedepankan pikiran dan pandangannya, anggota Parlemen pria, tidak mendengarkan apa yang diusulkannya. Para anggota pria itu sibuk memandangi wajah cantiknya!.
TANYA;  Mawlana, apakah anda mengkotbahkan tentang kedamaian?. Karena saya membaca dalam suatu tulisan, bahwa anda lebih cenderung agar semua oarang dilatih ilmu bela diri?. (memanah yang sekarang sedang jadi trend?).
MAWLANA: Apakah anda berpikir bahwa orang2 Suci yang datang kesini untuk mengkotbahkan tentang perang?!. Disisi lain saya ketemu dengan orang2 Inggris yang menamakan kelompoknya sebagai “ Malaikat2 Penjaga” (Guardian Angels). Sedangkan di-jalan2an begitu banyak pengikut Iblis bebas berkeliaran, dan menyerang orang2 tak bersalah, merampas tas tangannya, merenggut kalungnya atau cincin. Itulah sebabnya, saya nasehati semua orang, semua orang, bukan hanya pengikut saya, untuk belajar ilmu bela-diri. Surga memberi kita perintah untuk mengalahkan Iblis dengan cara apapun. Kita tidak boleh bersikap seperti domba dihadapan kawanan serigala.

TANYA: Kami mendengar bahwa Mawlana menganggap Pangeran Charles sebagai orang yang penting dalam gerakan yang anda pimpin. Mengapa?

MAWLANA: Pangeran Charles dari titik pandang kami adalah seorang yang istimewa. Kami percaya bahwa keluarga kerajaan adalah orang2 yang terpilih. Para Nabi telah dipilih Tuhan dan keluarga Kerajaan juga telah dipilih oleh Tuhan, untuk menjadi kepala negara. Kami hormati semua keloarga kerajaan. Kami tidak sepakat bahwa keluarga kerajaan yang sudah dipilih oleh Tuhan, berada dalam derajat yang sama dengan orang2 yang telah dipilih oleh sesama manusia. Semoga Tuhan YMK memberkahi Yang Mulia Pangeran dari Wales dan keluarganya. Dan kami juga merasa bahagia bahwa keluarga kerajaan ini adalah keturunan dari Baginda Nabi Muhammad”

TANYA: Saya baca dimajalah bahwa Mawlana berpikir Pangeran Charles memiliki pandangan yang benar mengenai berbicara dengan bunga dan sebagainya. Dan bahwa beliau secara filosofis berada dekat dengan Mawlana. Dan ada desas-desus bahwa pada suatu saat beliau akan masuk Islam sebagai ke-imanannya. Barangkali Mawlana mempengaruhinya untuk berubah menjadi Islam?.

Mawlana: Jiwa saya merasa sangat dekat dengan Jiwa Yang Mulia Pangeran. Jiwa saya membimbing jiwa Pangeran didalam dunia spiritual. Meskipun saya belum pernah ketemu dengan Pangeran, jiwa saya sudah menjadi pembimbingnya didalam dunia spiritual dan akan terus tetap selamanya. Apakah Pangeran sadar mengenai hal ini ataupun tidak, hal itu tidaklah penting.

BBC Sheffield, Sheik Nazim on: Sufism, Prince Charles, Guardian Angels and Women
1 januari 1996
________________________________________

Question - What is sufism?

Answer - The Lord sent His Holy Messages through His Holy Messengers. All of them showed the way of how to reach Heavens. Sufism is a way which people can practise their ability to reach their Heavenly Station easily. We do not live permanently in this world, we all have to go back. That is why all Holy Books show the way to Heavens. Islamic mysticism is called sufism.
Christianity is mainly dealing with the Heavenly Life. It does not contain many rules for this world. That is why Jesus Christ left this world into the Divine Presence where he is waiting to see who will join him. But most Christians are so full of this worldly life that they do not want to leave it. Our souls are like rockets. Whether we like it or not, they will take us back to Heavens.
Q. What do you think of the state of the world today, when you see all the wars and the crime going on?

When people cut off their relationship with Heavens they have to quarrel, fight, suffer and be in misery. Because if you let everyone just be, they would like to have everything in this world for themselves. But we only have one world in which everyone is reaching out for the same target. So they must quarrel. If I would be standing here with a hundred people, or even more, and would point to the moon and say that it belongs to me, no-one would quarrel. On the other hand, if I would say that this tree belongs to me, a hundred people would oppose and tell me that it has been in their family for ages. On top of that the council of Sheffield would probably also claim it to be theirs.
Q. Are men and women equal in Islam?

Do you think that men and women are all together in Christianity? Every religion keeps men and women apart, because together they are like gunpowder and fire. Many people do not experience it like that any more because they have lost their masculine or feminine energy. Originally women in Christianity we into convents and men into monasteries. That is real Christianity. Nowadays men and women are sitting mixed up in churches without a Heavenly Order permitting them to do so. In Islam women have to pray behind men. Men are no angels. If they were, women could be leading prayers, but it is impossible. Sometimes MPs are beautiful ladies and when they try to say something the other MPs do not listen to her, they only stare at her beauty!
Q. Do you preach peace? Because I have read that you are in favour of everyone being trained in the martial arts?

Do you think that Holy People come here to preach war?! On the other hand I met English people in London who call themselves 'Guardian Angels'. I see so many devils roaming free on the streets who are attacking innocent people, snatching their handbags, grabbing their necklaces and rings. That is why I advise everybody, not only my followers, to defend and protect themselves. Heaven orders us to defeat devils in every possible way. We should not be like lambs in front of wolves...
Q. We understand that you consider Prince Charles to be very important for your movement. Why?

Prince Charles is from our point of view an excellent person. We believe that royal families are selected people. Prophets are selected and royal families have also been selected by the Lord to be the heads of nations. We respect all royal families. We cannot accept that royal families, who have been selected by the Lord, should be the same as people who have been elected by other people. May the Lord Almighty bless His Royal Highness the Prince of Wales and his family. We are very happy that this royal family are descendants of the Prophet Muhammad*.
Q. I saw in a magazine that you thought that Prince Charles has got the right idea about talking to flowers and so on, that he is philosophically close to you. There was talk at some point that he may even turn to Islam as a matter of belief. Maybe you have got a convert of some sort there?

Our feeling is very close to His Highness' Soul. My soul is guiding his soul in the spiritual world. Even though I have not met His Highness, my soul has been his guide within the spiritual world and will continue to be so here forever. Whether His Highness is aware of it or not, is not important.

Sheffield, 01.01.1996

Tidak ada komentar:

Posting Komentar