Minggu, 01 Mei 2016

Amalan Bathin

KEUTAMAAN AMALAN BATIN

Pahala ketaatan batin ini lebih besar pahalanya daripada pahala ketaatan zahir,  berkata Maulana Sayyid Abdul Qadir al-Idrus qaddasallahu sirrahu :
"Amalan hati sebesar biji sahwi lebih baik daripada amalan anggota yang zahir sebesar gunung."
  Sebagaimana firman Allah Ta'ala :
إِنَّمَا يَوَفَّى الصَابِرُوْنَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ.
Artinya : "Sesungguhnya di sempurnakan Allah Ta'ala pahala orang-orang yang sabar tanpa di perhitungkan banyaknya."(Q.S. Az-Zumar : 10).
Karena sabar itu merupakan sebahagian daripada amalan  yang batin berbeda dengan amalan yang zahir yaitu tidak terkira pahalanya. Nabi s.a.w. bersabda :
جَذَبَةٌ مِنْ جَذَبَاتِ الْحَقِّ تُوَازِنُ عَمَلَ الثَقَلَيْنِ.
Artinya : "Satu jadzbatul Haq (satu penarikan kebenaran) mengimbangi amalan jin dan manusia karena jadzbah itu sebagian daripada amalan batin."
Arti jadzbah adalah zuhud akan Allah Ta'ala, sifatNya dan af'alNya dan orang itu fana' daripada dirinya sendiri, daripada perbuatannya dan daripada segala sifatnya. Inilah arti perkataan Syaikh Al-Wali Al-Kamil Al-Mukammal Sayyidi As-Syeikh Muhammad As-Samman Nafa'anallahu bihi.
نَظْرَةٌ مِنَ الْعَارِفِ بِاللَّهِ فِى الْمَلَكُوْتِ تَعْدِلُ عِنْدَ اللَّهِ عِبَادَةَ الثَقَلَيْنِ.
Artinya : "Satu pengamatan oleh seorang yang Arif billah terhadap alam Malakut adalah menyamai disisi Allah ibadat seluruh jin dan manusia."
Nabi s.a.w. bersabda :
رَكْعَتَانِ مِنْ عَارِفِ بِاللَّهِ أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ رَكْعَةٍ مِنْ جَاهِلٍ بِهِ.
Artinya : "Shalat dua rakaat yang didrikan oleh orang yang 'Arif billah lebih afdhal daripada seribu rakaat shalat yang didirikan oleh orang yang jahil dengan Allah Ta'ala (yaitu orang yang tidak bermakrifat kepada Allah Ta'ala) .
MILIKILAH KITAB INI WAHAI SAUDARAKU SUNGGUH DIA AKAN MEMBAWA PEMBACA DAN PENGAMALNYA KEPADA RIDHO ALLAH TA'ALA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar