Selasa, 08 April 2014

Menyentuh Al Quran

BEBERAPA HASIL BAHTSUL MASAIL NU
1. Menyentuh Al-Qur'an yang ditulis dengan
selain huruf arab
Bagaimana hukumnya orang yang tidak punya
wudlu’ menyentuh Al-Qur’an yang di tulis dengan
huruf selain arab ?
Jawab : Hukum menyentuh Al-Qur’an tersebut
tetap haram baginya, karena termasuk mushhaf.
Ta’bir : Bujairimi Alal Khotib juz I hal. 329.
Jamal Alal Manhaj juz I hal. 76.
ﻓﻰ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ 1/329 ﻣﺎﻧﺼﻪ : ﻭﻳﺠﻮﺯ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺑﻐﻴﺮ
ﺍﻟﻌﺮﺑﻴﺔ ﺑﺨﻼﻑ ﻗﺮﺍﺀﺗﻪ ﺑﻐﻴﺮ ﺍﻟﻌﺮﺑﻴﺔ ﻓﻴﻤﺘﻨﻊ ﺍﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ ﻭﻓﺎﺋﺪﺓ ﻛﺘﺎﺑﺘﻪ
ﺑﻐﻴﺮ ﺍﻟﻌﺮﺑﻴﺔ ﻣﻊ ﺣﺮﻣﺔ ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﺑﻬﺎ ﺃﻧﻪ ﻗﺪ ﻳﺤﺴﻨﻬﺎ ﻣﻦ ﻳﻘﺮﺃﻩ ﺑﺎﻟﻌﺮﺑﻴﺔ
ﻭﻳﺤﺮﻡ ﻣﺴﻪ ﻭﺣﻤﻠﻪ .
ﻭﻓﻰ ﺍﻟﺠﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ 1/76 ﻣﺎﻧﺼﻪ : ﻭﺗﺠﻮﺯ ﻛﺘﺎﺑﺘﻪ ﻻﻗﺮﺍﺀﺗﻪ ﺑﻐﻴﺮ
ﺍﻟﻌﺮﺑﻴﺔ ﻭﻟﻠﻤﻜﺘﻮﺏ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻓﻰ ﺍﻟﺤﻤﻞ ﻭﺍﻟﻤﺲ .
2. Membakar sobekan Al-Qur'an untuk menjaga
kemuliannya
Bagaimana hukumnya membakar sobekan Al
Qur’an dengan tujuan menjaga kemulyaan Al
Qur’an ?
Jawab : Boleh dan menjadi wajib hukumnya bila
tidak ada cara lain.
Ta’bir : Syarwani juz I hal. 155.
ﻓﻰ ﺍﻟﺸﺮﻭﺍﻧﻲ 1/155 ﻣﺎﻧﺼﻪ : ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺣﺮﻕ ﻣﺎ ﻛﺘﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻻ ﻟﻐﺮﺽ ﻧﺤﻮ
ﺻﻴﺎﻧﺔ ) ﻗﻮﻟﻪ ﺇﻻ ﻟﻐﺮﺽ ﻧﺤﻮ ﺻﻴﺎﻧﺔ ( ﺃﻯ ﻓﻼ ﻳﻜﺮﻩ ﺑﻞ ﻗﺪ ﻳﺠﺐ ﺇﺫﺍ ﺗﻌﻴﻦ
ﻃﺮﻳﻘﺎ ﻟﺼﻮﻧﻪ ﻭﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﺄﺗﻲ ﻣﺜﻞ ﺫﻟﻚ ﻓﻰ ﺟﻠﺪ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﺃﻳﻀﺎ ﻉ ﺵ .
3. Suara wanita aurat??
Apakah suara wanita itu termasuk aurat ?
Jawab : Bukan termasuk aurat menurut pendapat
yang kuat (ashoh).
Ta’bir : Bujairimi Alal Khotib juz II hal. 70.
I’anatuth Tholibin juz III hal. 260.
ﻓﻰ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ 2/70 ﻣﺎﻧﺼﻪ : ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﺃﻧﻬﺎ ﺗﺨﻔﺾ ﺻﻮﺗﻬﺎ ﺇﻥ
ﺻﻠﺖ ﺑﺤﻀﺮﺓ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﺍﻷﺟﺎﻧﺐ ﺩﻓﻌﺎ ﻟﻠﻔﺘﻨﺔ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻷﺻﺢ ﺃﻥ ﺻﻮﺗﻬﺎ ﻟﻴﺲ
ﺑﻌﻮﺭﺓ .
ﻭﻓﻰ ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ 3/260 ﻣﺎﻧﺼﻪ : ﻭﻟﻴﺲ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﻮﺭﺓ ﺍﻟﺼﻮﺕ ﺃﻯ ﺻﻮﺕ
ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺍﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ ﻭﻓﻰ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻭﺻﻮﺗﻬﺎ ﻟﻴﺲ ﺑﻌﻮﺭﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺻﺢ .
4. Darah yang sudah membeku pada daging
Sepotong daging yang masih ada sisa darahnya
sedikit di masukkan ke dalam lemari pendingin
(kulkas) sebelum di cuci terlebih dahulu.
Pertanyaan : Apakah darah tersebut termasuk
najis ma’fu ‘anhu ?
Jawab : Darah tersebut tidak termasuk najis
ma’fu ‘anhu, karena air yang ada dalam kulkas
bukan air untuk memasak. Sedangkan yang di
ma’fu hanya terbatas pada darah yang tercampur
dengan air masakan. Tapi menurut sebagian
pendapat darah sedikit pada daging tersebut di
anggap suci.
Ta’bir : I’anatut Tholibin juz I hal. 83.
Mughnil Muhtaj juz I hal. 79.
ﻓﻰ ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ 1/83 ﻣﺎﻧﺼﻪ : ﺩﻡ ﺣﺘﻰ ﻣﺎ ﺑﻘﻲ ﻋﻠﻰ ﻧﺤﻮ ﻋﻈﻢ ﻟﻜﻨﻪ
ﻣﻌﻔﻮ ﻋﻨﻪ ) ﻗﻮﻟﻪ ﺣﺘﻰ ﻣﺎ ﺑﻘﻲ ﻋﻠﻰ ﻧﺤﻮ ﻋﻈﻢ ( ﺃﻯ ﺣﺘﻰ ﺍﻟﺪﻡ ﺍﻟﺒﺎﻗﻰ ﻋﻠﻰ
ﻧﺤﻮ ﻋﻈﻢ ﻓﺈﻧﻪ ﻧﺠﺲ ﻭﻗﻴﻞ ﺇﻧﻪ ﻃﺎﻫﺮ ﻭﻫﻮ ﻗﻀﻴﺔ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻭﺟﺮﻯ ﻋﻠﻴﻪ
ﺍﻟﺴﺒﻜﻲ ﺍﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ ) ﻗﻮﻟﻪ ﻟﻜﻨﻪ ( ﺃﻯ ﻣﺎ ﺑﻘﻲ ﻋﻠﻰ ﻧﺤﻮ ﻋﻈﻢ ﻭﻗﻮﻟﻪ ﻣﻌﻔﻮ
ﻋﻨﻪ ﺃﻯ ﻓﻰ ﺍﻷﻛﻞ ﻭﺇﻥ ﺍﺧﺘﻠﻂ ﺑﻤﺎﺀ ﺍﻟﻄﺒﺦ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻭﻛﺎﻥ ﻭﺍﺭﺩﺍ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺎﺀ .
ﻭﻛﺬﺍ ﻣﺎ ﻓﻰ ﻣﻐﻨﻰ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar