Selasa, 26 April 2016

Kisah karomah Aulia Allah

Kisah Karamah Aulya
Maulana Syeikh Dhiyauddin Khalid Al-Utsmani

Beliau adalah salah keturunan Sayyidina Utsman bin Affan yang menjadi pemuka Ahli Sufi di negeri Syam. Lahir di desa Karada, Sulaimaniyyah, Iraq pada tahun 1193 H (1779 M) dan wafat di Damaskus, Suriah pada hari Jum'at tanggal 13 Dzulqo'dah 1242 H (1827 M). Semasa hidupnya beliau menjadi Mursyid bagi lima Thariqah sekaligus, meskipun beliau lebih dikenal sebagai Mursyid Naqsyabandi.

Diantara karamahnya, pernah ada seorang pembenci Thariqah mengumpulkan orang-orang untuk melakukan Khalaqah Dzikir sebagaimana yang sering dilakukan Syeikh Khalid. Maksud ia melakukan itu adalah untuk memperolok-olok Syeikh Khalid dan apa yang diajarkannya. Ketika ia hendak maju menirukan gaya Syeikh Khalid, mendadak ia menjadi gila dan merobek-robek bajunya, lalu berlari-lari hingga tersesat di tengah gurun dalam keadaan masih gila.

Selang beberapa waktu, datanglah saudara dari pembenci Thariqah tersebut kepada Syeikh Khalid dan memohon agar beliau berkenan memaafkan saudaranya. Syeikh Khalid lalu menunjukan tempat dimana saudaranya itu berada, setelah dijemput dan dihadapkan kepada Syeikh Khalid, sifat gilanya mendadak hilang dan ia pun bertaubat di tangan Syeikh Khalid.

(Dinukil dari terjemah kitab Jami Karamatul Aulya hal. 323 karya Syeikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar