Kamis, 21 April 2016

Ayahanda habib Anis Solo

Al-Mufti Al-Imam Muhammad bin Husein Al-Habsyi, yakni ayah dari Imam Ali bin Muhammad Al-Habsyi Shohibul Maulid Simthuddurar adalah seorang Ulama Besar yang selain menjadi Mufti Syafi’iyah di kota Makkah Al-Mukarramah, beliau juga termasuk golongan Aulya yang memiliki banyak karamah.

Diantara karamahnya adalah ketika beliau sakit Hirqatul Baul (sejenis ayang-ayangan), beliau pergi ke kota Jeddah menemui seorang dokter dan sang dokter pun memberikannya obat. Dokter tersebut berpesan bila penyakitnya kambuh, minumlah sesetes saja dari obat yang ia diberikan, jangan lebih dari setetes karena hal itu bisa membuat penyakitnya malah menjadi semakin parah.

Selang beberapa waktu giliran sang dokter pergi ke Makkah mengunjungi Imam Muhammad. Ketika dokter memeriksa nadi Imam Muhammad, tahulah ia bahwa beliau meminum obat melebihi dosis yang ia berikan.

Dokter bertanya, “Wahai Imam, apakah engkau meminum obat melebihi yang aku berikan?” Imam Muhammad menjawab, “Benar, aku minum semuanya.” Sang dokter berkata, “Aku takkan memeriksa tubuhmu lagi. Jika engkau masih sehat-sehat saja setelah meminum obat ini satu botol sekaligus, karena sesungguhnya engkaulah yang pantas menjadi tabib (dokter).”

(Dinukil dari buku “Biografi Habib Ali Habsyi Muallif Simthuddurar” hal. 142-143 karya Drs. Sayyid Husein bin Anis bin Alwi bin Imam Ali Shohib Maulid bin Imam Muhammad Mufti Makkah Al-Habsyi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar