Kamis, 11 September 2014

BERUNTUNGNYA YANG SUKA BERSILATURRAHMI

Di temani sebuah lagu nasyid dan beberapa shalawat .. ku coba mengingat kembali hasil  sowan ke pak yai ...

Beruntung sekali sesiapa saja yang di beri kesempatan bisa datang pada sespuh atau pak yai  ...setidaknya meski hanya mendapat  satu atau dua patah nasehat itu lebih baik .. bisa membasahi dahaga hati.. 

beruntung nya jika kita sering silaturrhami ..selain mendapat rahmat Allah juga merupakan sunnah ..dan ada begitu banyak hal / ragam kisah masa lalu yang tidak mungkin bisa di dapat dimanapun kecuali pada pemangku kasepuhan ...

Jika Allah tidak membawa langkah kaki ini kepada pak yai  ..mgkin selamanya tidak akan pernah tahu ..bahwa dulu disini ada seseorang yang shalih yang mampu melihat msa depan dengan kasyf yang Allah berikan padanya.. “Berdirinya masjid ini memang dulu sudah beliau utarakan (kisah pak yai) .. dan akhirnya memang benar terjadi .. di tanah tersebut kini di bangun sebuah masjid ...tanah yang dulunya rawa ...kini ramai di gunakan oleh masyarakat  untuk sarana mendekatkan diri kepada Allah ..memperingati kelahiran Nabi dan kegiatan agama lainya ...beliah adalah mbah Abu..jejege santri sini ...atau awal awal adanya santri dsini ..beliau juga yang menyuruh saya(pak yai ) untuk mondok”..

Mencari Ridha guru adalah lebih utama De’ daripada berbuat ghibah..saya ini orang bodoh..saya bukan orang pinter..sama sekali bhukan ..hanya saja masyarakatmemintarkan saya ..”dawueh pak yai dari kebumen  dulu ; ya biar meski punya ilmu secukupnya namanya di masyarakat ya di amalkan..dari pada tidak ada sama sekali yang mengurusi”..berbekal dari situ saya mau tidak mau harus terjun kepada masyarakat meski  dengan berbagai gunjingan..
Perlu kamu tahu De’..silaturrahmi itu pahalanya besar sekali .. saya( pak yai ) lebih suka bersilaturrahmi dari pada di-silaturrahmi-ni ..jadi kalau kamu pulang dari mana mana sempatkan lah bertemu dengan saudaramu...meski hanya 10-20 menit itu sudah  cukup untuk membuat mereka bahagia ..itu artinya mereka masih kamu anggap sebagai saudaramu..jika kamu hanya diam dirumah saudaramu yang lain akan menganggapmu apa??

Terlebih kamu  masih muda.. kan ndak pantas yang tua yang mendatangi..anggaplah saudaramu  sebagai saudara dengan kamu bersilaturrahmi..
insyaAllah ...pangestunipun  ,pak ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar